• Marcopolo Water Adventure Bogor - Berenang memang mengasyikan. Tua muda, laki-laki perempuan anak-anak hingga dewasa banyak yang menyukai kegitan didalam air ini. Oleh karena itu tak hera...
10 Tempat Wisata di Malang yang Sayang untuk Dilewatkan

10 Tempat Wisata di Malang yang Sayang untuk Dilewatkan

Ada begitu banyak tempat wisata di Malang yang sayang untuk anda lewatkan. Kota yang terletak di provinsi Jawa Timur ini memang dikelilingi oleh keindahan alam pegunungan dan juga pantai-pantai di bagian Selatan. Tidak hanya wisata alamnya saja yang menarik, Malang juga memiliki berbagai macam jenis tempat wisata untuk keluarga. Ditambah lagi kota ini kental akan sejarahnya di masa lalu. Banyak bangunan peninggalan kolonial Belanda yang masih berdiri dengan kokoh.

Berkunjung ke kota Malang juga tidak akan lengkap jika tidak berwisata kuliner. Kota ini pun menyediakan berbagai jenis penginapan untuk anda dan keluarga. Jika anda berminat untuk datang berlibur ke Malang, simaklah artikel ini hingga selesai.

1. Air Terjun Coban Rondo



Semua sudah tahu bahwa Malang diapit oleh banyak keajaiban alam yang mengagumkan. Salah satunya yang sudah tak asing lagi adalah Air Terjun Coban Rondo. Dalam bahasa Jawa, Coban berarti air terjun. Sedangkan Rondo berarti janda.

Ada sebuah kisah yang beredar di Coban Rondo. Sejarah mengisahkan bahwa Raden Baron Kusuma tewas dalam pertempuran melawan Joko Lelono yang suka dengan istrinya, yaitu Dewi Anjarwati. Tetapi Raden Baron Kusuma sudah berhasil menyembunyikan istrinya terlebih dahulu. Itulah asal mula dari keberadaan air terjun ini.

Coban Rondo terletak di Desa Pandansari, Kecamatan Pujon, sekitar 12 KM dari Kota Batu.

2. Air Terjun Sumber Pitu


Masih tentang air terjun. Kali ini ada Air Terjun Sumber Pitu. Sesuai dengan namanya, maka anda bisa menikmati keindahan tujuh air terjun sekaligus. Letaknya ada di Desa Krajan, Kecamatan Tumpang, Malang.

Menurut cerita masyarakt setempat, 7 sumber mata air tersebut letaknya berdekatan dengan tebing, sehingga air pun menyatu menjadi sebuah air terjun yang berasal dari 7 sumber. Wisata ke tempat ini kental akan nilai magisnya. Banyak orang yang datang untuk melakukan ritual atau membawa air dari tempat tersebut. Air di tempat ini memang dipercaya sebagai air suci.

Di balik semua nilai magis yang ada, Air Terjun Sumber Pitu merupakan sebuah objek wisata yang memiliki kecantikan luar biasa.

3. Pulau Sempu


Jika anda gemar berpetualang, cobalah untuk mengunjungi Pulau Sempu. Belakangan ini tempat wisata yang satu ini tengah naik daun. Keindahan Pulau Sempu memang membuat siapa saja merasa penasaran dan ingin datang berkunjung.

Kalau memang anda serius ingin berlibur ke Pulau Sempu, sebaiknya persiapkan fisik yang kuat. Karena anda harus trekking terlebih dahulu agar bisa sampai ke tempat ini. Wisatawan biasanya menghabiskan waktunya di Pulau Sempu dengan camping di pantainya yang bernama Pantai Segara Anakan. Pantai ini letaknya tersembunyi di tengah pulau yang dikelilingi dengan tebing.

Pada dasarnya, Pulau Sempu merupakan Cagar Alam. Sehingga jika anda berniat berkunjung, jangan sampai meninggalkan limbah yang bisa merusak ekosistem pulau ini.

4. Kebun Teh Wonosari


Liburan adalah saat yang tepat untuk melepas penat. Berlibur ke Malang, jangan lupa untuk berkunjung ke Kebun Teh Wonosari.

Di tempat ini anda bisa berjalan-jalan di kebun teh dan melihat pengolahan teh. Setelah itu dilanjutkan dengan menikmati teh secara langsung. Dijamin anda akan merasa segar kembali setelah melihat pemandangan yang hijau dan menyejukkan di tempat ini.

Di daerah kebun teh pun anda bisa berendam di kolam air panas, outbond, dan berkemah.

5. Inggil Museum Resto


Berlibur ke suatu kota tentunya tidak akan lengkap tanpa wisata kuliner. Jika ingin berwisata kuliner sekaligus belajar, silahkan datang ke Inggil Museum Resto. Sesuai dengan namanya, restoran ini juga menjadi museum yang memamerkan barang-barang antik.

Anda bisa melihat berbagai macam koleksi benda aktik bernuansa Jawa. Mulai dari jam weker lintas generasi, mesin jahit, radio tua, koleksi uang kuno, alat pengering rambut zaman Belanda, dan lain sebagainya.

Untuk menu makanan yang disediakan, restoran ini menawarkan menu khas Jawa Timur sebagai menu andalan. Seperti nasi jagung, rawon buntut, pecel terong, dan lain sebagainya.

6. Toko Oen


Tempat yang satu ini nampaknya sudah menjadi tempat wisata di Malang yang wajib dikunjungi. Sudah banyak wisatawan baik dari dalam hingga luar negeri yang selalu berkunjung ke Toko Oen setiap kali datang ke kota Malang.

Toko Oen sendiri merupakan toko es krim yang sudah beroperasi sejak tahun 1930. Saat berkunjung ke tempat ini, nuansa jadul akan sangat terasa. Arsitekturnya masih mempertahankan arsitektur Belanda. Begitupun dengan makanan yang dijual. Andalannya adalah es krim yang dijual mulai harga Rp 20.000,- ke atas.

7. Museum Malang Tempo Doeloe


Jika sebelumnya sudah ada restoran yang sekaligus berbentuk museum, kali ini ada museum sungguhan. Di Museum Malang Tempo Doeloe, anda bisa mengetahui sejarah dari kota ini. Mulai dari pembentukan kota Malang sekitar 1,5 juta tahun yang lalu sampai zaman perjuangan kemerdekaan. Semuanya ada di tempat ini.

Untuk berkunjung ke tempat ini, anda tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar. Tiketnya tidak terlalu mahal. Untuk pengunjung umum, tiket dibandrol dengan harga Rp 15.000,-. Sedangkan bagi yang masih berstatus pelajar, tiket dibandrol dengan harga Rp 5000,- saja.

8. Museum Brawijaya


Liburan ke Kota Malang akan kurang lengkap rasanya jika anda tidak mengunjungi Museum Brawijaya. Museum yang terletak di Jalan Ijen ini menyimpan berbagai macam benda bersejarah yang berhubungan dengan sejarah perjuangan masyarakat Malang ketika melawan penjajah.

Benda paling legendaris yang disimpan di museum ini adalah gerbong maut. Gerbong ini dulunya digunakan untuk mengangkut 100 pejuang Indonesia dari Bondowoso ke Surabaya. Sejarah mengisahkan bahwa 100 orang pejuang harus bertahan dalam gerbong kecil yang tertutup rapat dalam perjalanan menuju Surabaya. Banyak tentara yang tewas karena kehabisan energi dalam perjalanan. Hanya ada 12 orang yang berhasil bertahan dan langsung dimasukkan dalam penjara Kalisosok Surabaya.

9. Museum Kesehatan Jiwa


Masih ada lagi museum yang wajib anda kunjungi jika sedang berada di Kota Malang. Namanya adalah Museum Kesehatan Jiwa. Sesuai dengan namanya, anda bisa menemukan berbagai macam alat kedokteran yang berhubungan dengan kesehatan jiwa. Museum yang baru didirikan pada tahun 2009 ini menyimpan 700 koleksi alat kesehatan.

10. Alun-alun Kota Malang


Destinasi terakhir di Malang yang tidak boleh dilewatkan adalah alun-alun kota Malang. Bukan hanya wisatawan yang senang berkunjung ke tempat ini, bahkan warga kota Malang juga senang berkunjung ke tempat ini.

Di tempat ini anda bisa melihat burung merpati dan jernihnya air mancur yang berada di tengah alun-alun. Keberadaan burung merpati di sekitar alun-alun mengingatkan kita pada taman-taman di luar negeri yang biasanya memiliki keadaan yang sama juga.

Tempat wisata di Malang yang satu ini juga menjadi istimewa karena telah menyediakan internet gratis dari PT. Telkom.

Posting Komentar

[ADS] Bottom Ads