10 Tempat Wisata Di Sumatera Utara Yang Wajib untuk Dikunjungi

Ada beberapa tempat wisata di Sumatera Utara yang wajib untuk kita kunjungi. Sumatera Utara adalah provinsi yang terletak di sebelah utara pulau Sumatra dan mempunyai keindahan alam yang sangat memikat. Selain keindahan alamnya, banyak sekali bangunan bersejarah yang bisa kita temui di Sumatera Utara. Kawasan pantai yang lumayan panjang membuat Sumatera Utara mempunyai banyak wahana wisata alam yang wajib untuk kita kunjungi.

Tak hanya alam, Sumatra Utara juga memiliki wisata kuliner yang wajib kita kunjungi karena masakan dari Sumatera Utara sangat berbeda dengan daerah lainya di Indonesia karena rata rata makanan orang orang Sumatra Utara adalah pedas.

Berikut ini adalah 10 tempat wisata yang berada di sekitar Sumatera Utara yang sangat saying untuk kita tinggalkan sewaktu kita singgah.
 

1. IstanaMaimun 



Istana Maimun adalah contoh wisata sejarah yang berada di Sumatra Utara, tepatnya di kota Medan.Letaknya yang berada di pusat kota membuat bangunan ini mudah dijangkau sewaktu kita berkunjung ke kota Medan.

Alamat Istana Maimun terletak di Jalan Brigadir Jendral Katamso Kelurahan Sukaraja, kecamatan Medan Maimun. Bangunan ini dibangun oleh Sultan Deli yaitu Sultan Mahmud Al Rasyid pada tahun 1888 dan selesai pada tahun 1891. Sejak tahun 1946, istana ini telah dihuni oleh pewaris kerajaan Deli dan mempunyai luas 2700 meter persegi. Untuk harga tiker masuk, pemerintah mematok harga sebesar 5.000 per orang.

2. Air Terjun Sipiso Piso


Tempat wisata kedua yang berada di Sumatra Utara adalah Air Terjun Sipiso-piso. Air terjun ini terletak di Desa Tongging, Kabupaten Karo. Air terjun ini menjadi salah satu air terjun yang paling tinggi di Indonesia dan mempunyai tinggi hingga 120 meter.

Asal kata dari Sipiso-piso adalah berawal dari kata pisau karena derasnya air yang mengalir dari air terjun ini mengalir seperti hunusan pisau yang tajam. Untuk harga tiket masuk, pengunjung hanya perlu membayar  5.000 rupiah.

3. Danau Toba


Danau Toba menjadi danau vulknis terbesar dan terluas di dunia. Air danau yang biru dan hamparan pegunungan yang tinggi menjulang membuat siapapun akan terpana dan takjub dengan keindahan alam ini.

Danau ini terletak di Prapat Sumatra Utara dan mempunyai pulau yang berada di tengah tengah danau yang bernama Pulau Samosir. Pulau ini adalah pulau yang menjadi salah satu ikon pariwisata Sumatra Utara karena banyaknya turis yang datang ke tempat ini setiap waktunya. Banyaknya penginapan serta camp ground yang ada di sekitar danau, membuat pengunjung merasa betah karena hawa dan lingkungan yang masih terbilang bersih dan alami.

4. Bukit Lawang


Bukit Lawang adalah salah satu destinasi wisata di Sumatra Utara yang terletak di Kabupaten Langkat dan berlokasi di kaki Gunung Leuser. Bagi para pecinta alam dan fauna, tempat ini sangat cocok di pilih sebagai destinasi wisata karena Bukit Lawang adalah tempat rehabilitasi orang utan.

Selain bisa menyatu dengan alam, para pengunjung yang berkunjung ke Bukit Lawang bisa menggunakan aliran dari sungai Bahorok sebagai sarana untuk Tubbing karena aliran sungai yang satu ini cukup deras dan curam.

5. Pulau Samosir


Beda Danau Toba, beda lagi dengan Pulau Samosir. Meskipun terletak di satu wilayah, salah satu tempat wisata di Sumatra Utara ini sedikit berbeda. Jika Danau Toba menyuguhkan keindahan alam, namun Pulau Samosir memiliki banyak sekali menjual pernak pernik khas Sumatra Utara. Ada souvenir berupa patung, gelang,  ulos, baju, dan cincin. Lebih uniknya lagi, di tengah tengah pulau Samosir terdapat dua buah danau kecil yang bernama danau Sidhoni dan Tano Debata.

6. Pulau Nias


Pulau yang letaknya lumayan jauh dari Pulau Sumatra ini juga bagian dari Sumatra Utara. Kita bisa berkunjung ke tempat ini untuk wisata budaya dan sejarah. Disini, kita akan disuguhi oleh atraksi khas pulau Nias yaitu lompat batu yang mempunyai  tinggi 2 meter. Atraksi yang begitu terkenal ini terletak di desa Bawotomataluo dan Hilisimae. Selain atraksi yang memukau tadi, Pulau ini menyimpan lebih dari 6.500 koleksi benda budaya peninggalan masyarakat Nias.

7. Gunung Sibayak


Kabupaten Karo lagi lagi mempunyai tempat destinasi wisata yang bagus untuk kita kunjugi, yaitu Gunung Sibayak. Gunung Sibayak merupakan gunung berpada yang masih aktif dan mempunyai pesona pegunungan alam yang sangat indah.

Sebutan lain untuk gunung Sibayak ini adalah Gunung Raja karena memang ukuran dari gunung Sibayak ini cukup besar. Tempat ini sangat cocok bagi pengunjung yang ingin menikmati keindahan kota Brastagi. Untuk dapat menuju ke tempat ini, kita harus menempuh jarak sejauh 77 km dari kota Medan dan memerlukan waktu sekitar 2 jam. Untuk melakukan pendakian, kita hanya perlu membayar tiker sebesar 4.000 rupiah per orang.

8. Masjid Raya Medan


Masjid Raya Medan sangat terkenal karena bangunan ini memiliki nilai historis yang tinggi. Bangunan ini terletak di jantung kota Medan, tepatnya di Jalan Sisingamangaraja. Kita tidak hanya bisa melakukan ibadah sholat, namun kita juga bisa berkeliling masjid untuk menikmati bangunan yang sunggu amat cantik ini.

Masjid Raya Medan pertama kali dibangun pada tahun 1906 dan masjid ini memiliki gaya campuran antara Timur Tengah, Spanyol, dan juga India. Bangunan masjid ini memiliki bentuk bundar segi delapan dan memiliki empat serambi utama di depan, belakang, kiri, dan kanan. Kubah Masjid Raya Meda berbentuk persegi empat dengan dekorasi bulan sabit.

9. Museum Sumatera Utara


Medan lagi lagi menyimpan wisata budaya dan sejarah yang wajib untuk kita kunjungi sewaktu kita berkunjung ke Medan. Museum Sumatera Utara ini terletak di jalan H.M Jhoni nomor 51, kota Medan. Meskipun bangunanya tidak begitu besar, namun Museum ini menjadi Museum yang terbesar di kawasan Medan.

Di dalam Museum ini terdapat beberapa jenis peninggalan sejarah dan budaya Sumatera Utara. Museum Sumatera Utara memiliki luas 10.468 meter persegi dan terbagi menjadi beberapa ruangan kecil.

10. Kampung Madras Medan


Wisata budaya yang satu ini juga sering disebut Kampung Keling. Daerah ini merupakan daerah di Medan yang mayoritas penduduknya adalah Keling atau India. Suasana di kampung Keling ini sangat kental dengan budaya Hindu dan India.

Lokasi dan bangunan dari kampung ini masih menggunakan bangunan khas Belanda. Kampung ini sangat cocok menjadi destinasi wisata apabila ingin berwisata kuliner karena selain masakan khas Sumatra Utara, kita juga bisa menikmati makanan khas India. Baju yang dihasilkan di Kmapung Keling ini sangat berkualitas karena menggunakan alat yang masih tradisional dan dijual dengan harga yang lumayan murah.

Itulah beberapa tempat wisata di Sumatera Utara, dan semoga artikel ini bermanfaat.

Posting Komentar untuk "10 Tempat Wisata Di Sumatera Utara Yang Wajib untuk Dikunjungi"

Berlangganan via Email