10 Wisata Jogja Yang Istimewa Untuk Dikunjungi

Ada berapa banyak wisata Jogja yang anda ketahui? Pastinya kota Jogjakarta memang memiliki banyak sekali tempat wisata. Kota yang masih kental akan budayanya ini memang selalu menjadi tujuan wisata para wisatawan, baik asing maupun lokal. Wisata yang ada di Jogja pun amat sangat beragam. Ada yang berupa wisata alam, dan ada juga yang berupa wisata budaya. Jika anda sedang berencana untuk berlibur ke Jogja, silahkan simak artikel ini hingga selesai untuk beberapa destinasi menarik di Jogja.

1. Candi Prambanan



Rasanya aneh sekali jika berkunjung ke Jogja tetapi tidak mengunjungi tempat wisata yang satu ini. Candi Prambanan merupakan salah satu candi Hindu terbesar di kawasan Asia Tenggara. Candi ini sendiri terletak di perbatasan antara 2 provinsi, yaitu Jogjakarta dan Jawa Tengah.

Letak Candi Prambanan tidak terlalu jauh dari Candi Borobudur. Candi ini sendiri sangat terkenal dengan legenda Roro Jonggrang. Tetapi Prasasti Shivagrha menunjukkan bahwa candi ini dibangun untuk menghormati Dewa Siwa.

Pada awalnya Candi Prambanan diberi nama Shiva-grha yang berarti Rumah Siwa. Terdapat kompleks besar bangunan candi di kawasan wisata candi Jogja ini. Hal tersebut menunjukkan bahwa Candi Prambanan merupakan pusat kegiatan pemujaan dan acara keagamaan.

2. Candi Plaosan



Kawasan Jogjakarta dan Jawa Tengah memang memiliki banyak candi besar. Salah satunya yang masih dekat dengan Candi Prambanan adalah Candi Plaosan. Candi ini dibangun oleh Rakai Panangkaran, seorang raja yang juga mendirikan Candi Borobudur dan Candi Sewu.

Candi Plaosan juga seringkali dikenal sebagai candi kembar. Candi ini dibagi menjadi dua bagian, yaitu Candi Plaosan Kidul dan Candi Plaosan Lor. Letaknya saling berdekatan, hanya berjarak sekitar 100 meter. Candi ini merupakan perpaduan antara dua kebudayaan, yaitu Hindu dan Budha.

3. Pantai Parangtritis



Bukan hanya wisata yang kental akan budayanya, Jogja juga memiliki keindahan alam yang sayang untuk dilewatkan. Salah satunya adalah Pantai Parangtritis yang sudah cukup terkenal. Letaknya sekitar 28 km dari pusat kota Jogja.

Pantai ini dikenal dengan deburan ombak yang cukup besar dengan tebing batu yang menjulang tinggi. Parangtritis memiliki pasir vulkanis hitam yang terlihat berkilau ketika diterpa sinar matahari.

Masyarakat Jogja percaya bahwa Pantai Parangtritis merupakan tempat yang suci dan keramat. Legenda menyebutkan bahwa pantai ini merupakan kediaman dari Kanjeng Ratu Kidul, yang merupakan penguasa Pantai Selatan yang selalu menggunakan pakaian berwarna hijau. Sehingga para pengunjung pun dilarang menggunakan pakaian berwarna hijau.

4. Taman Pintar Yogyakarta



Selagi ada di Jogja, jangan lupa unutk mengunjungi Taman Pintar Yogyakarta. Letaknya ada di pusat kota Jogja. Tempat ini merupakan laboratorium dengan kemasan rekreasi yang sangat bermanfaat bagi pelajar.

Di Taman Pintar anda bisa berlibur sekaligus belajar. Tempat ini terbuka untuk umum, tidak terkecuali bagi para pelajar. Terdapat beberapa fasilitas yang menunjang, misalnya seperti food court, ruang audiovisial, ruang pertemuan multifungsi, dan playground.

5. Goa Jomblang



Masih ada lagi salah satu potensi alam milik Jogja yang sayang untuk dilewatkan yaitu Goa Jomblang. Tempat ini menjadi salah satu wisata Jogja yang menarik untuk dikunjungi. Letaknya ada di Desa Jetis Wetan, Kecataman Semanu, Kabupaten Gunung Kidul.

Goa ini memiliki keunikan yang disebut sebagai “Cahaya Surgawi”. Saat menyusuri dasar goa, anda akan menemukan sebuah lorong alami yang merupakan penghubung antara Goa Jomblang dan Goa Grubug.

Di Goa Jomblang anda bisa menyaksikan stalagmit berwarna hijau kecoklatan dan sinar matahari yang menembus kegelapan dalam goa. Sinar yang menembus ke dalam goa inilah yang disebut sebagai “Cahaya Surgawi”.

6. Pantai Baron



Masih ada lagi pantai indah dan menarik yang ada di Jogja. Namanya adalah Pantai Baron yang berlokasi sekitar 65 km dari pusat kota Jogja. Jika anda senang dengan seafood, maka pantai ini cocok sekali menjadi lokasi menyantap aneka hidangan laut sambil menikmati panorama yang indah.

Kuliner laut yang lezat memang menjadi daya pikat utama dari objek wisata yang satu ini. Di tempat ini anda bisa mencicipi lobster, bawal putih, tongkol, ikan kakap, dan lain sebagainya. Hal ini mungkin terjadi karena Pantai Baron menjadi dermaga bagi para nelayan. Anda pun akan menjumpai tempat pelelangan ikan di kawasan pantai ini.

7. Keraton Yogyakarta



Kota Jogja merupakan sebuah Daerah Istimewa. Hal ini berarti kota ini masih memiliki pemimpin seorang Sultan yang memimpin khusus provinsi Yogyakarta saja. Sehingga berkunjung ke kota ini tidak akan lengkap jika tidak mengunjungi Keraton Yogyakarta.

Tempat ini merupakan pusat kegiatan kesultanan di Jogja. Keraton menjadi tempat yang menarik untuk dikunjungi. Anda bisa berjalan-jalan di sekitar istana dan menyusuri setiap detail kecil di kompleks kerajaan.

Tidak hanya itu saja, anda bisa sekaligus belajar budaya jawa di tempat ini. Meskipun merupakan sebuah tempat tinggal raja, anda tidak akan menemukan penjaga militer di kompleks keraton. Kabarnya tempat ini dilindungi oleh kekuatan makhluk halus.

8. Resor Kaliurang



Jika anda ingin tempat liburan dimana anda bisa bersantai sambil menikmati pemandangan yang indah, nampaknya Resor Kaliurang cocok untuk anda. Letaknya jauh dari keramaian kota dengan udara yang sejuk dan menyegarkan.

Ada banyak kegiatan menarik yang bisa anda lakukan di sekitar resor. Misalnya seperti berenang, bersantai, atau hanya sekedar berjalan-jalan. Salah satu rekomendasi tempat untuk berenang adalah Telogo Muncar.

Jika anda senang dengan kegiatan mendaki gunung, resor ini menjadi tempat penginapan sebelum mendaki ke Gunung Merapi.

9. Museum Sonobudoyo



Kota Jogja memang masih sangat kental akan budayanya. Hal ini bisa dibuktikan dengan berkunjung ke Museum Sonobudoyo. Museum ini merupakan rumah koleksi budaya dan sejarah Jawa yang paling lengkap di Indonesia setelah Museum Nasional Republik Indonesia yang ada di Jakarta.

Museum Sonobudoyo sendiri dibuka untuk umum mulai dari pukul 8 pagi hingga 2 sore. Khusus untuk hari Senin dan hari besar, museum ini tutup. Di Museum Sonobudoyo, anda bisa menyaksikan pertunjukkan wayang kulit mulai dari pukul 20.00 hingga 22.00 di malam hari.

10. Malioboro



Destinasi terakhir di Jogja yang tidak boleh sampai dilewatkan adalah Jalan Malioboro. Tempat ini sudah sangat terkenal sebagai salah satu tujuan wisata belanja. Di sepanjang jalan, anda bisa berbelanja oleh-oleh khas Jogja. Mulai dari yang di kaki lima, hingga toko-toko yang ada di sepanjang jalan.

Kawasan Malioboro memang terkenal sebagai kawasan wisata belanja. Awalnya kawasan ini digunakan sebagai rute upacara. Kawasan ini berada di rute garis lurus yang ditarik dari Keraton Yogyakarta ke Gunung Merapi.

Tidak hanya wisata belanja saja, anda juga bisa berwisata kuliner di angkringan Jogja yang tersedia di kawasan ini. Wisata Jogja yang satu ini jangan sampai dilewatkan.

Posting Komentar untuk "10 Wisata Jogja Yang Istimewa Untuk Dikunjungi"

Berlangganan via Email