Tanjung Uma yang Merupakan Pemukiman Nelayan Tertua di Kota Batam

Wisata budaya terkadang bisa membuat kita lupa akan identitas diri kita yang sebenarnya karena saking terbuainya dalam pembelajaran tentang suatu kebudayaan yang bukan kebudayaan kita. Hal inilah yang mungkin bisa terjadi kepada diri anda ketika anda sedang berwisata budaya ke obyek wisata Tanjung Uma di Batam, atau tepatnya di Kecamatan Batam Barat, Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau.

Tanjung Uma ini adalah nama sebuah kelurahan di Kota Batam. Uniknya, kelurahan ini ternyata merupakan wilayah nelayan tertua dan pertama di Kota Batam. Itu artinya, kita bisa berharap untuk menemukan sebuah perkampungan dengan struktur khas sebuah perkampungan nelayan. Kita bisa melihat dengan jelas rumah-rumah kayu yang berdiri tegap di atas air laut yang berwarna biru dan jernih. Karena merupakan wilayah nelayan tertua dan pertama di Kota Batam sekaligus wilayah dengan jumlah kampung tua terbanyak, maka obyek wisata Tanjung Uma ini ditetapkan sebagai sebuah cagar alam oleh pemerintah Kota Batam. 

Jadi, jika ingin melihat penduduk asli Kota Batam yang masih hidup secara tradisional, maka obyek wisata Tanjung Uma inilah tempatnya, apalagi mengingat bahwa Kota Batam terkenal sebagai salah satu kota paling modern di Indonesia. Selain itu, kehidupan sosial masyarakat di Tanjung Uma juga sangat menarik untuk dipelajari, seperti salah satunya adalah budaya tutur sapa dengan kais pantun yang sangat unik. Semua itu membuat obyek wisata Tanjung Uma menjadi sebuah lokasi yang sangat menarik untuk dikunjungi.

Posting Komentar untuk "Tanjung Uma yang Merupakan Pemukiman Nelayan Tertua di Kota Batam"

Berlangganan via Email