• Marcopolo Water Adventure Bogor - Berenang memang mengasyikan. Tua muda, laki-laki perempuan anak-anak hingga dewasa banyak yang menyukai kegitan didalam air ini. Oleh karena itu tak hera...
Mengunjungi Tempat Wisata di Purwakarta, Kota Asal Sate Maranggi

Mengunjungi Tempat Wisata di Purwakarta, Kota Asal Sate Maranggi

Eits, jangan tertukar-tukar antara Purwokerto dan Purwakarta. Purwokerto adalah nama sebuah kota yang berada di kabupaten Banyumas, provinsi Jawa Tengah, sementara Purwakarta adalah nama sebuah kabupaten yang berada di Jawa Barat. 



Nah, Purwakarta sendiri sering dijadikan sebagai kota transit bagi pengguna jalan di antara Jakarta dan Bandung. Namun di samping itu, Purwakarta juga memiliki potensi wisata yang oke dan menarik juga untuk dijadikan destinasi wisata alternatif. Apa saja tempat wisata di Purwakarta? Simak saja ulasan berikut ini.

Waduk Jatiluhur

Waduk-JatiluhurTempat wisata yang pertama sekaligus yang menempati peringkat paling populer untuk obyek wisata di Purwakarta adalah Waduk Jatiluhur. Waduk ini adalah salah satu obyek wisata yang paling digemari dan terkenal di Purwakarta. Waduk ini dinamakan Jatiluhur karena berada di kecamatan Jatiluhur, atau sekitar 9 km jauhnya dari pusat kota Purwakarta. Waduk Jatiluhur merupakan sebuah muara dari sungai Citarum dan memiliki luas mencapai 8,300 hektar. 

Wow! Selain menjadi obyek wisata yang digemari, Waduk Jatiluhur juga berperan penting dalam kehidupan masyarakat sehari-hari, mulai dari untuk sumber air minum, irigasi, hingga budidaya perikanan. Sementara dari segi fasilitas wisata, Waduk Jatiluhur kini sudah dilengkapi dengan fasilitas penginapan seperti bungalow dan hotel, restoran, lapangan tennis, bumi perkemahan, sarana rekreasi, serta beberapa fasilitas untuk olahraga air. Jangan lupa untuk berkeliling waduk menggunakan perahu sewaan, ya!

Situ Wanayasa

Berikutnya masih seputar wisata air, yakni Situ Wanayasa. Situ atau yang berarti danau ini berada di kecamatan Winayasa, sehingga danau ini pun dinamakan sama. Situ Winayasa dapat Anda kunjungi dengan menempuh perjalanan kurang lebih 23 km jauhnya dari pusat kota Purwakarta. Cukup jauh juga, ya? Namun walaupun begitu, obyek wisata alam yang satu ini tidak akan mengecewakan Anda. Danau yang memiliki luas mencapai 8 km persegi ini akan menyuguhkan suasana yang alami dan khas pegunungan, dengan udaranya yang sejuk serta panorama serba hijau. 

Selain itu, lokasinya pun mudah dijangkau karena gerbang masuknya terletak di pinggir jalan raya, sehingga Anda tak perlu memasuki gang sempit yang menyulitkan. Di sini, Anda bisa menikmati keindahan alam dengan menyewa perahu bebek untuk berkeliling di danau, atau sambil menyantap makan siang di berbagai rumah makan yang tersedia di sini. Oh iya, Anda bisa sambil mencoba sate maranggi khas Purwakarta di sini.

Situ Buleud

Tempat wisata di Purwakarta berikutnya masih seputar wisata air juga, yakni Situ Buleud. Sama seperti Situ Wanayasa sebelumnya, obyek wisata alam ini merupakan sebuah danau dan memiliki luas mencapai 4 hektar. Terletak di desa Nagri Kaler, danau ini tetap menjadi cukup populer di kalangan wisatawan Purwakarta. Awalnya, danau berbentuk kolam bundar ini adalah tempat mandi para badak saat kota Purwakarta masih menjadi hutan belantara. Seiring berjalannya waktu, danau ini pun dijadikan tempat peristirahatan oleh kolonial Belanda. Kini, Situ Buleud sudah menjadi salah satu destinasi wisata di Purwakarta, tempat olahraga warga, sekaligus menjadi paru-paru bagi kota Purwakarta.

Sentra Pembuatan Keramik Plered

Nah, yang terakhir ini bukan lagi wisata alam berupa waduk atau danau, melainkan sebuah tempat wisata yang sangat menarik dan seru, yaitu Sentra Pembuatan Keramik Plered. Plered sendiri adalah sebuah kecamatan yang terkenal sebagai penghasil kerajinan keramik. Sentra pembuatan keramiknya sendiri berada di desa Anjun, kecamatan Plered. Anda dapat mengunjungi desa penghasil keramik ini dengan menempuh jarak sekitar 13 km dari kota Purwakarta. 

Di sini, selain Anda dapat melihat proses pembuatan kerajinan keramik, Anda pun dapat hunting kerajinan keramik yang unik dan cantik. Mulai dari gerabah, terakota, sampai porselen pun ada di sini. Oh iya, kerajinan keramik yang dihasilkan oleh Plered ini konon sudah diekspor hingga mancanegara, lho!

Purwakarta ternyata seru dan menyenangkan juga, bukan? Selain mengunjungi tempat wisata di Purwakarta tadi, jangan lupa untuk mencicipi berbagai hidangan khas Purwakarta. Salah satunya adalah sate maranggi yang terkenal itu!

Posting Komentar

[ADS] Bottom Ads